7 Manfaat Minum Madu Sebelum Tidur

0
197

Pengertian madu memang terbagi ke dalam beberapa jenis. Sebuah iklan di radio Muadz bin Jabal, Kendari, ada seorang laki-laki yang bingung dengan istrinya yang minta dicarikan madu. Eh, ada temannya yang justru ikut heran, istri sudah minta madu, kok si suami malah bingung? Rupanya, dijelaskan bahwa bukan madu yang seperti Anda tahu itu, tetapi madu yang merupakan minuman berkhasiat dari lebah itu lho! Ohhh…

Sejak zaman dulu memang madu sudah dikenal sebagai makanan dan obat. Bila Anda suka dengan manisnya gula pasir, madu bisa digunakan sebagai pengganti rasa manisnya. Apalagi, banyak yang menyarankan untuk minum madu organik sebelum tidur.

Insya Allah, hal ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Madu mampu menyerap lemak dengan baik, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Jangan air panas ya!

Madu memang memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin. Zat tersebut didapatkan dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah madu. Selain itu, ada manfaat menakjubkan dari madu, seperti melawan infeksi saluran pernapasan, zat anti diabetes, dan juga mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Dikutip dari Health Line, inilah tujuh manfaat madu bagi kesehatan.

1. Membuat Tidur Anda Nyenyak

Mengonsumsi madu sebelum tidur sudah dipercaya mampu membuat untuk tidur lebih nyenyak. Kok bisa? Rupanya, ini karena kadar insulin meningkat dalam jumlah yang kecil ketika Anda minum madu sebelum tidur.

Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Walah, apalagi itu? Tryptophan diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta pembuat suasana hati yang baik. Alhasil, tidur pun menjadi pulas. Cocok bagi Anda yang suka insomnia.

2. Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Dalam madu terkandung asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya lewat penelitian mereka bahwa kombinasi dari senyawa-senyawa ini memberi madu kekuatan dalam antioksidannya.

Menariknya, antioksidan dari madu yang tinggi dapat mencegah risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Madu juga dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Mungkin Anda tahu ada satu produk bernama Otem yang diteteskan di mata. Produk tersebut terbuat dari madu juga lho! Namun, jangan kaget, jika untuk pertama kali pakai, rasa pedasnya di mata sungguh luar biasa. Setelah itu, Insya Allah, mata Anda akan lebih cerah dan ceria.

3. Mengurangi Risiko Diabetes
Mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum bermimpi indah dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Ini membantu untuk mengobati diabetes sebab kadar glukosa darah kita bisa berkurang.

Meskipun madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula pasir bagi penderita diabetes, tetapi madu tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati. Sesuai dengan faktanya, penderita diabetes dapat melakukan tindakan yang terbaik dengan cara meminimalkan semua makanan yang karbohidratnya tinggi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Beberapa jenis madu dapat merangsang untuk memproduksi sel-sel kekebalan dalam tubuh. Nutrisi dalam madu dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Nutrisi dalam madu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan sebaiknya madu dikonsumsi sebanyak satu sendok makan saja setiap hari sebelum tidur.

5. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan
Infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan yang kita rasakan memang dapat memengaruhi tidur dan mengganggu aktivitas. Obat utama untuk batuk ternyata tidak selalu efektif dan jelas ada efek sampingnya. Dan menariknya, madu mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengobati batuk.

Salah satu studi menemukan bahwa madu mempunyai kinerja lebih baik daripada dua obat batuk biasa. Studi lainnya memberikan pernyataan bahwa itu mengurangi gejala batuk dan efek mengantuk lebih tinggi daripada obat batuk.

6. Membersihkan Racun Dalam Tubuh
Oleh karena madu merupakan antioksidan yang terbaik, konsumsi madu secara rutin dapat membersihkan tubuh kita dari berbagai racun. Konsumsi air hangat yang dicelupkan lemon plus satu sendok teh madu akan membantu mendetoksifikasikan tubuh.

7. Menahan Agar Tidak Lapar
Madu yang dikonsumsi kurang lebih sebanyak satu sendok makan ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Itulah sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi, sebab madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa.

Ketika masuk ke dalam tubuh, berbagai kandungan tersebut akan diproses menjadi kalori untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas. Madu mentah dengan kandungan 64 kalori per cangkir ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

Sumber: health.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here